Buka jam 09.00 s/d jam 20.00 ,
Beranda » Artikel Terbaru » 6 Tips Puasa Bagi Ibu Menyusui Yang Aman Bagi Ibu Dan Bayi

6 Tips Puasa Bagi Ibu Menyusui Yang Aman Bagi Ibu Dan Bayi

Diposting pada 10 May 2016 oleh admin

tips puasa bagi ibu menyusui

Puasa sekarang bisa dilakukan oleh siapa saja, tidak terkecuali oleh ibu yang sedang menyusui. Agar ibu menyusui bisa menjalankan puasa dengan lancar, dan tidak mempengaruhi bayi tentu ibu perlu mengetahui tips puasa bagi ibu menyusui yang benar. Ini sangat penting bagi ibu dan juga bayi, agar puasa ibu tetap lancar dan juga kebutuhan nutrisi bayi tetap terpenuhi.

Simak tips puasa bagi ibu menyusui, diantaranya:

  1. Konsultasi ke dokter

Tips puasa bagi ibu menyusui yang pertama adalah, dengan berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu. Ini agar ibu dapat mendapatkan saran yang tepat, tentang menjalankan puasa saat menyusui. Biasanya ibu akan diperbolehkan menyusui bila bayi sudah berusia 6 bulan, karena selama 6 bulan pertama ibu harus menyusui bayi secara eksklusif.

  1. Buka dan sahur dengan menu yang sehat

Tips puasa bagi ibu menyusui berikutnya yaitu, dengan mengkonsumsi menu yang sehat baik saat berbuka maupun saat sahur. Ini penting sekali untuk memenuhi kebutuhan nutrisi selama ibu berpuasa, juga untuk bayi ibu yang membutuhkan nutrisi yang lebih melalui ASI yang bayi konsumsi. Hindari mengkonsumsi makanan yang pedas serta asam.

  1. Perbanyak minum air putih

Saat ibu berpuasa, usahakan untuk banyak konsumsi air putih. Konsumsilah minimal 8 gelas setiap harinya, dan tidak perlu diminum sekaligus. Ibu dapat mengkonsumsinya secara perlahan, dimulai saat berbuka hingga sahur.

  1. Konsumsi susu dan multivitamin

Konsumsilah susu untuk ibu menyusui 2 kali sehari, yaitu sebelum tidur dan setelah sahur. Serta mengkonsumsi multivitamin sehari sekali, ini agar stamina ibu tetap terjaga selama menjalankan puasa.

  1. Membatalkan puasa jika kondisi ibu melemah

Bagi ibu yang mempunyai bayi berumur kurang dari satu tahun, tentu bayi anda sedang membutuhkan banyak nutrisi sehingga frekuensinya juga lebih. Tentu ibu membutuhkan kondisi tubuh yang benar-benar fit, tetapi bila kondisi ibu tidak memungkinkan untuk menjalankan puasa maka dianjurkan untuk membatalkan puasa. Sebab kondisi ibu sangat mempengaruhi kualitas, dan kuantitas ASI yang dihasilkan untuk bayi ibu. Jangan pernah memaksakan berpuasa bila ibu sedang sakit, atau bila karena ibu berpuasa juga menyebabkan bayi menjadi sakit.

  1. Sediakan cemilan yang sehat untuk bayi

Bagi bayi yang sudah mendapatkan MPASI, tentu ibu akan lebih mudah menjalankan puasa. Sebab nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi, juga bisa diperoleh dari makanan pendamping. Anda dapat menyediakan MPASI yang mengandung gizi yang dibutuhkan oleh bayi ibu. Ibu dapat memberikan sayur dan buah-buahan yang disukai oleh bayi, atau bila perlu ibu bisa memberi tambahan susu formula yang sesuai dengan kebutuhan bayi.

Sekian tips puasa bagi ibu menyusui. Ibu tetap dapat menjalankan puasa, asal ibu dapat menerapkan tips tersebut dengan tepat. Dan semoga informasi tersebut bermanfaat bagi ibu dan juga bayi ibu.

Bagikan informasi tentang 6 Tips Puasa Bagi Ibu Menyusui Yang Aman Bagi Ibu Dan Bayi kepada teman atau kerabat Anda.

6 Tips Puasa Bagi Ibu Menyusui Yang Aman Bagi Ibu Dan Bayi | Toko Obat Herbal Bandung – Obat Herbal Online – Obat Herbal Murah

Komentar dinonaktifkan: 6 Tips Puasa Bagi Ibu Menyusui Yang Aman Bagi Ibu Dan Bayi

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Sidebar Kiri
Kontak
Sidebar Kanan