Buka jam 09.00 s/d jam 20.00 ,
Beranda » Artikel Terbaru » Inilah Tips Menghindari Dehidrasi Selama Berpuasa (Terbukti)

Inilah Tips Menghindari Dehidrasi Selama Berpuasa (Terbukti)

Diposting pada 10 May 2016 oleh admin

tips menghindari dehidrasi selama berpuasa

Dehidrasi adalah masalah yang paling sering dialami, oleh orang yang sedang berpuasa. Dehidrasi saat berpuasa tidak bisa anggap sepele, karena masalah satu ini kadang menjadi alasan seseorang untuk tidak menjalankan puasa. Sekarang ada tips menghindari dehidrasi selama berpuasa, agar anda tetap menjalankan puasa tanpa takut mengalami dehidrasi.

Inilah tips menghindari dehidrasi selama berpuasa, antara lain:

  1. Kurangi aktifitas di luar ruangan

Agar anda bisa terhindar dari dehidrasi, sebaiknya anda menghindari penyebab anda mengalami dehidrasi yaitu dengan cara mengurangi aktifitas di luar ruangan. Terlebih bila aktifitas yang anda lakukan di bawah terik matahari, yang menyebabkan keringat berlebih dan terjadi dehidrasi. Dan bila anda memang diharuskan melakukan aktifitas luar ruangan, maka anda bisa menyiasatinya dengan memakai pakaian yang tidak terlalu tebal, dan juga dengan warna yang cerah.

  1. Perbanyak mengkonsumsi air putih

Saat berpuasa anda juga tetap dianjurkan untuk mengkonsumsi 2 liter air putih setiap harinya. Mulailah mengkonsumsi saat ada berbuka, dan tidak perlu anda minum dalam jumlah yang banyak sekaligus karena itu bisa menyebabkan anda mengalami kembung. Minumlah secara perlahan dan juga bertahap, yang penting kebutuhan asupan mineral anda bisa tercukupi tiap harinya. Karena kekurangan asupan mineral, menjadi penyebab utama dehidrasi saat puasa.

  1. Mengkonsumsi buah dan sayuran

Tips menghindari dehidrasi selama berpuasa, juga bisa dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayur saat buka dan sahur. Pilihlah sayur dan buah yang banyak mengandung air. Ini bermanfaat untuk mengganti cairan yang hilang dalam tubuh, setelah seharian anda menjalankan puasa.

  1. Tidak mengkonsumsi teh dan kopi saat sahur

Bagi anda yang mempunyai kebiasaan mengkonsumsi the atau kopi saat sahur, sebaiknya anda mulai menghindarinya. Sebab kedua jenis minuman tersebut dapat meningkatkan produksi air seni, sehingga akan menyebabkan anda kehilangan cairan dalam tubuh. Anda tetap dapat mengkonsumsi minuman tersebut, tetapi sebaiknya setelah anda berbuka. Selain the serta kopi, minuman yang sebaiknya tidak anda konsumsi saat berpuasa adalah minuman yang mengandung soda serta jus saat sahur.

  1. Minum susu

Dehidrasi saat berpuasa juga busa dihindari dengan mengkonsumsi susu, terutama saat anda sahur. Itu karena susu mengandung karbohidrat, kalsium, protein, serta elektrolit yang selain member tenaga juga dapat mencegah anda mengalami dehidrasi. Ini sangat cocok bagi anak yang sedang belajar berpuasa, agar puasa anak bisa lancar tanpa mengalami dehidrasi.

  1. Berbuka dengan kurma dan air kelapa

Agar cairan di tubuh anda bisa kembali seperti semula, maka disarankan anda untuk berbuka dengan air kelapa. Kandungan elektrolit yang tinggi dalam kelapa akan mengganti cairan tubuh anda. Sedangkan kurma akan membantu mengembalikan energy anda yang hilang, setelah beraktivitas sehari.

Itulah tips menghindari dehidrasi selama berpuasa. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi anda, dan semoga anda dapat menjalankan puasa dengan lancar dan mendapat keberkahan.

Bagikan informasi tentang Inilah Tips Menghindari Dehidrasi Selama Berpuasa (Terbukti) kepada teman atau kerabat Anda.

Inilah Tips Menghindari Dehidrasi Selama Berpuasa (Terbukti) | Toko Obat Herbal Bandung – Obat Herbal Online – Obat Herbal Murah

Komentar dinonaktifkan: Inilah Tips Menghindari Dehidrasi Selama Berpuasa (Terbukti)

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Sidebar Kiri
Kontak
Sidebar Kanan